Wednesday 26 September 2018

FAQ Rekrutmen CPNS

Disclaimer : jawaban yang saya tuliskan berikut ini berdasarkan pengalaman saya mengikuti tes CPNS tahun 2017 lalu. Apabila ada hal-hal yang sudah tidak berlaku/tidak sesuai dengan tes CPNS tahun ini, saya harap permakluman dari para pengunjung blog saya. Terima kasih.




PENDAFTARAN
1. Apa yang harus saya siapkan?
  • Pasphoto dengan latar sesuai dengan yang diminta instansi yang kamu tuju. Umumnya yang diminta adalah pasphoto berlatar merah.
  • Scan  dokumen KTP, ijazah, legalisir ijazah,kartu keluarga, dan SKCK (apabila diminta). Scan dokumen ini biasanya diminta dalam bentuk pdf.
  • Komputer/laptop dengan koneksi internet yang lancar.

2. Kapan waktu terbaik untuk mendaftar CPNS?
Saya sarankan untuk mendaftar di pertengahan periode daftar. Pada saat pertengahan periode, sever https://sscn.bkn.go.id/ biasanya lancar. Jangan mendaftar di 3 hari pertama atau di minggu terakhir karena traffic sangat padat dan server biasanya jadi down.


3. Instansi dan formasi apa yang harus saya pilih?
Tips memilih intansi dan formasi dari saya adalah dengan sistem FILTER.
  • Filter instansi : pilih lah 3 instansi yang paling kamu minati. Buka situs ketiga instansi tersebut, lalu pelajari visi, misi, program, serta lokasi penempatan kerja. Setelah kamu pelajari dengan seksama, tentukan satu instansi yang menurut kamu paling sesuai.
  • Filter formasi : setelah memilih instansi, kamu akan dihadapkan dengan pilihan formasi. Ada 6 jenis formasi, yaitu : Formasi umum, formasi khusus lulusan cum laude, formasi khusus putra-putri Papua dan Papua Barat, formasi khusus disabilitas, formasi diaspora, dan formasi atlet terbaik. Jika kamu tidak termasuk dalam formasi khusus, maka silakan pilih formasi umum yang sesuai dengan jurusan kamu.
  • Filter jurusan : satu jurusan bisa dibutuhkan untuk banyak jabatan dalam satu instansi. Pelajari semua jabatan yang ditawarkan. Contoh, untuk jurusan manajemen bisa menempati posisi Analis Sumber Daya Aparatur, Analis Kepatuhan Internal, dan Analis Keuangan. Jika kamu lulusan manajemen finansial maka kamu bisa memilih jabatan sebagai Analis Keuangan.
  • Jangan terpaku pada jumlah kuota. Belum tentu yang kuotanya hanya satu memiliki persaingan yang sengit. Contohnya,  jabatan Analis Keuangan hanya menyediakan 1 (satu) kuota, sementara Analis Kepatuhan Internal menyediakan 8 (delapan) kuota. Orang biasanya berpikir yang kuotanya lebih banyak memiliki kesempatan lolos yang tinggi.  Menurut saya pemikiran ini tidak benar. Bisa saja pendaftar yang 1 (satu) kuota hanya 70 orang. Sementara pendaftar yang 8 (delapan) kuota 700 orang. Peluang lulus yang di 1 (satu) kuota tentu lebih tinggi.
Lagi-lagi, saya sangat menyarankan untuk memilih instansi, formasi dan jabatan yang benar-benar sesuai dengan minat dan bakat kamu, tanpa harus takut melihat jumlah kuota.



4. Jurusan saya adalah DIII Administrasi Perpajakan, sementara yang dituliskan di lowongan hanya DIII  Administrasi. Apakah saya diperbolehkan mendaftar?
Menurut pengalaman saya di seleksi CPNS tahun lalu; saya adalah lulusan S1 Manajemen Bisnis. Sementara yang tertulis di lowongan saat itu hanya S1 Manajemen. Saya tetap bisa mendaftar dan lolos.

5. Jurusan saya adalah S1 Manajemen. Tapi saya mau mendaftar untuk jurusan DIII Manajemen. Apakah diperbolehkan?
TIDAK BOLEH. Jabatan yang kita daftar harus sesuai dengan ijazah yang kita miliki.

6. Saya memiliki ijazah S1 dan S2 Komunikasi. Apakah saya boleh mendaftar untuk jabatan S1 Komunikasi?
BISA. Karena kamu memiliki ijazah S1 Komunikasi.

7. Saya masih kuliah, tapi mau daftar CPNS. Apakah boleh?
Tentu saja boleh! Kamu bisa mendaftar di lowongan SMA, karena yang kamu punya masih ijazah SMA.

8. Saya hanya punya surat keterangan lulus. Apakah saya bisa mendaftar?
TIDAK BISA. Yang diminta oleh BKN adalah ijazah, bukan surat keterangan lulus.

9. Apakah ada ketentuan tinggi badan?
Bacalah syarat instansi yang kamu tuju dengan teliti.

10. Apakah surat keterangan akreditasi kampus harus dilegalisir?
Bacalah syarat instansi yang kamu tuju dengan teliti. Kalau di Kemenkeu tidak diminta surat keterangan akreditasi kampus; yang penting kampus kita terakreditasi di  BAN-PT.




SELEKSI KEMAMPUAN DASAR (CAT – COMPUTER ASSITED TEST)

1. Soal testnya susah/tidak?
Seleksi kemampuan dasar memiliki  berbagai macam paket soal. Mudah/tidaknya tergantung apakah kamu sudah belajar tentang materi itu atau tidak.
Soal  tes yang paling luas itu adalah test wawasan kebangsaan. Pertanyaannya bisa meliputi perjuangan sebelum dan sesudah kemerdekaan, undang-undang, TAP MPR, hari dan tanggal bersejarah, makna Pancasila, dll. Oleh karena itu, sangat sangat sangat perlu untuk rajin membaca materi apa saja yang terkait pengetahuan kebangsaan.

2. Saya harus belajar dari mana?
Saat itu saya membeli 2 (dua) buku soal seleksi CPNS, namun menurut saya kedua buku ini tidak membantu sehingga tidak saya rekomendasikan ke orang. Saya lebih banyak belajar dari aplikasi android, karena selain ada materi, di aplikasi itu juga tersedia tryout dan soalnya pun mirip dengan soal tes CPNS tahun lalu
Untuk nama aplikasinya, cari saja di playstore android dengan kata kunci : CPNS. Nanti akan muncul berbagai macam aplikasi yang bisa kamu unduh.


Demikian jawaban saya untuk FAQ rekrutmen CPNS. Semoga bisa membantu teman-teman semua. SELAMAT BERJUANG !!!

No comments:

Post a Comment