Friday 18 May 2018

LGD (Leaderless Group Discussion) MT Star Danone

Hello, Winners! Long time no see you through my writing! Apa kabar kalian? Semoga dalam keadaan sehat dan bahagia ya.

Di posting ku sebelumnya aku sempat nulis tentang tahap rekrutmen MT Star Danone yang ku ikuti. Ternyata, masih belum saatnya bagiku untuk bergabung di MT Star Danone batch tersebut. Aku cuma sampai di tahap LGD dan kali ini aku mau berbagi pengalaman LGD pertama ku.


Waktu itu aku kebagian LGD di Fakultas Sastra Inggris Universitas Indonesia. Setibanya di sana, lokasi sudah tumpah ruah dengan para peserta; beberapa kebagian kursi di ruang tunggu, beberapa lain duduk di emperan. Aku dijadwalkan mulai LGD jam 11, tapi ternyata baru mulai jam 12 siang, dan dengan sistem First Come First Served. Untuk itu, datang lah tepat waktu dan segera laporkan kehadiran ke panitia rekrutmen.

Setelah jadwal aku dan beberapa teman LGD tiba, kami dipersilakan untuk masuk ke sebuah ruangan dengan setting tempat duduk melingkar. Di dalam ruangan tersebut sudah ada seorang penilai LGD kita.

Well, bagaimana cara mainnya? Here we go.

1. Pembagian Kertas yang Berisi Topik Diskusi

Penilai akan membagikan masing-masing 1 copy kertas yang berisi topik yang akan didiskusikan dan lembar kertas kosong untuk menuliskan hasil analisis kita. Lembaran  topik belum boleh dibuka sebelum ada perintah.

2. Menentukan Notulen

Alangkah lebih baik jika kamu berinisiatif untuk jadi notulen. Karena bener banget nih, notulen itu berpeluang besar untuk bisa lulus FGD / LGD. Notulen di tim aku waktu itu lolos ke tahap berikutnya. Di beberapa blog yang aku baca juga, pas dia jadi notulen, dia keterima. Tapi bisa jadi coincidence juga sih. Jadi jangan sampe kalian pada berebutan jadi notulen yaa...

3. Analisis Individu

Jika sudah ada aba-aba dari Penilai, kalian baru boleh membuka kertas topik yang dibagikan tadi. Pada kertas tersebut tertulis beberapa masalah perusahaan (in general, bukan spesifik masalah yang dihadapi Danone). Masing-masing peserta diminta untuk memilih 3 (tiga) masalah yang paling penting untuk diselesaikan terlebih dahulu. Seingatku waktu itu masalahnya tentang Compliance, Supply, Produksi, Human Resource, dan beberapa hal lainnya yang sangat erat kaitannya dengan manajemen.  Jadi, kalian cukup pahami aja  manajemen dasar dan pelajari case-case umum yang dihadapi perusahaan.
Jika sudah memilih 3 (tiga) masalah yang akan diselesaikan, kamu harus memberikan analisis dan argumen yang tepat mengapa masalah itu yg harus diselesaikan terlebih dahulu.
Durasi analisis individu sekitar 15 menit.

4. Diskusi

Pada step ini lah kita dinilai. Setelah waktu menganalisis habis, kita diminta untuk mendiskusikan hasil analisis dengan tim kita. Pada bagian ini dituntut kemampuan komunikasi yang baik, menghargai pendapat orang lain, argumen & analisis yang cerdas dan tepat serta bisa mempertahankan pendapat.

Tips : jangan terlalu diam, jangan ngotot, jangan mudah menerima pendapat orang lain.


Di kesempatan lain, aku sempat sharing dengan HR perusahaan lain soal LGD ini. Beliau bilang, ketika LGD penilaian terbesar ada di kekuatan analisis kita, kemampuan mempertahankan pendapat, dan attitude. So, menurut ku waktu itu aku gagal karena terlalu cepat setuju dengan pendapat peserta lain. Seharusnya aku pertanyakan dulu hasil analisis dia atau sedikit mendebat pernyataan yang bertolak belakang dengan hasil analisis ku.

Oke guys, aku harap ini bisa jadi pelajaran buat teman-teman yang akan LGD nantinya yaa...


Thank you for reading. Good luck and keep doing your best!

No comments:

Post a Comment