Sunday 11 February 2018

Q&A Tes TOEFL ITP di IES Jakarta 2018

Tahun 2018 ini aku ikut test TOEFL untuk memenuhi syarat mendaftar Liasson Officer di sebuah acara internasional. Acara ini menerima jenis TOEFL apapun, jadi aku memilih tes TOEFL yang hasilnya bisa keluar sebelum pendaftaran acara tersebut tutup. Setelah browsing dan menelepon lembaga penyelenggara tes, akhirnya aku memutuskan untuk tes TOEFL ITP (Institutional Testing Program) di IES Jakarta.

Sekilas tentang ITP : ITP merupakan salah satu jenis tes toefl yang digunakan di wilayah tertentu saja. ITP dikeluarkan oleh ETS (English Teting System) dan merupakan toefl khusus di wilayah Asia. ITP ini hanya bersifat institutional sehingga hanya bisa digunakan di beberapa negara atau wilayah lokal dan tidak berlaku di seluruh dunia. Untuk lebih tahu tentang apa saja jenis tes TOEFL dan mana yang sesuai dengan kebutuhanmu, silakan kunjungi website ini.

Nah, karena aku mendapat cukup banyak pertanyaan seputar tes TOEFL di IES, maka aku buatkan rangkuman dalam Q & A berikut ini :


  • Bagaimana cara mendaftarnya?
    • Pertama, pendaftaran tes TOEFL ITP dilakukan secara online di http://www.ies.or.id/itp-toefl-registration/. Tenang aja, setelah daftar pasti ada balasan email kok.
    • Kedua, setelah kamu mengisi e-form pada link tadi, kamu akan mendapat balasan email yang berisi konfirmasi data dan panduan pembayaran. Pembayaran dilakukan via transfer ke rekening CIMB Niaga. Pada tahun 2018, biaya TOEFL ITP di IES Jakarta adalah sebesar Rp. 485.000
               
    • Ketiga, setelah membayar, kirim scan/foto jelas bukti transfer dan tanda identitas yang ada fotonya (KTP/SIM/Kartu Pelajar/Paspor).

    • Keempat, dalam sekitar 1 (satu) jam kamu akan mendapat email konfirmasi seperti berikut ini:

    • Kelima, H-2 sebelum ujian kamu akan mendapatkan kartu tanda ujian yang harus ditunjukkan saat tes bersama dengan Tanda Identitas dan bukti tranfer asli.

  • Berapa lama durasi tes-nya?
    • Tes dilaksanakan selama 2,5 jam.
  • Apa saja yang harus saya bawa saat tes?
    • Kamu wajib membawa tanda identitas, bukti transfer asli, kartu tanda ujian, pensil 2B sebanyak 2 (dua) buah, penghapus, dan peraut pensil (opsional).
  • Lokasinya tes di mana?
    • Tes dilaksanakan di Senayan Trade Center (STC) - Jakarta, persis di depan Mall Senayan City dan di sebelah Plaza Senayan. Lokasi persisnya dapat dilihat di Maps STC Senayan - Jakarta
    • Ruangan tes ada di lantai 3, no. 103. Kalau dari Pintu Masuk Utama, kamu tinggal naik escalator ke lantai 3. Nanti ruangannya persis di sisi belakang kamu saat naik escalator.


  • Bagaimana akses ke sana?
    • Stasiun terdekat dengan STC adalah stasiun Sudirman dan Karet. Kalau kamu datang dari arah Maja/Serpong/Bintaro, kamu bisa turun di Stasiun Kebayoran, lalu lanjut lagi dengan ojek. Tarif ojek online dari Stasiun Kebayoran ke STC adalah Rp. 7.000.
  • Apakah saya akan mendapat sertifikat? 
    • Kamu akan mendapat sertifikat apabila hasil skor TOEFL kamu mencapai minimal 460. Jika tidak mencapai 460, maka kamu hanya akan diberikan report seperti ini :
    • Ada 3 (tiga) level sertifikat yaitu :
      • Gold = C1, dengan skor minimum 627.
      • Silver = B2, dengan skor minimum 543.
      • Bronze = B1, dengan skor minimum 460.
Berikut contoh sertifikatnya :


  • Berapa lama hasil tesnya keluar?
    • Hasil keluar 6 (enam) hari setelah tes. Hasil ini dapat kamu ambil pada hari Senin – Jumat pada jam tertentu. Bagi kamu yang domisili di luar kota atau tidak sempat mengambil hasilnya, hasil tes dapat dikirim via pos atau ojek online. Tentunya ada biaya tambahan yang harus kamu bayarkan ke IES. Hasilnya ada di dalam amplop putih seperti ini :
    • Di dalam amplop ini terdapat report score, sertifikat (apabila skor kamu minimal 460), buku panduan/handbook tes TOEFL, dan brosur promosi. 

Demikian Q & A seputar tes TOEFL ITP di IES Jakarta tahun 2018. Jika ada pertanyaan seputar tes atau informasi yang terbaru silakan mampir di kolom komentar yaa... Semoga bermanfaat.😊😊😊

23 comments:

  1. Terima kasih atas link info persiapan TOEFL nya

    ReplyDelete
  2. Terimakasih infonya. Maaf mau tanya, untuk hasil tes ITP yang cepat selain di Jakarta apa ada ya? Untuk daerah Surabaya, Semarang atau Jogja. Barangkali Kakak ada info krena setau saya rata2 14 hari, tp saya membutuhkan yg max 7 hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak. Biasanya ada yg one day service di beberapa lembaga bahasa. Utk di kota lain selain Jakarta saya kurang tahu Kak

      Delete
  3. Maaf mau tanya.. saya waktu itu lupa foto jadwal pengambilan hasil tes-nya..
    Kalau boleh tau Senin-Jumat itu bisa diambil dr jam brp sampai jam brp ya?
    Trims..

    ReplyDelete
  4. tes TOEFL di IES ini kualitas audionya untuk listening bagus ngga ya kak? dan apa ruangannya nyamana untuk tes?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Audionya bagus kok. Ruangannya nyaman, tapi pake kursi chitose. Jadi buat yg tinggi mesti rada nunduk. Lehernya pegel

      Delete
  5. mbaa saya sudah kirim bukti trf dan id. kok blm ada balasan ya??udah over dari 3 jam.. apakah balasan jam kerja?

    ReplyDelete
  6. ketika hasilnya sudah keluar, apakah mendapat telp/email pemberitahuan? atau langsng datang saja H+6?

    Terima kasih

    ReplyDelete
  7. Apakah mendapat individual score report (warna pink ) juga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak. Yg saya dapat hanya 3 lembar yg saya share di atas

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Selamat pagi, sebelumnya terimakasih atas informasinya. satu hal yang ingin saya tanyakan adalah apakah kita tidak bisa menentukan sendiri tanggal untuk test toefl tersebut ? atau memang sudah di tentukan oleh pihak penyelenggara ? terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi. Kita bisa memilih jadwalnya Pak.

      Delete
  10. terima kasih, infonya sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  11. terimakasih info nya kak..

    oh iya,di pengumuman hasil keluar 6 hari kerja, apakah sabtu terhitung hari kerja?

    ReplyDelete
  12. Terima kasih atas sharingnya. Kak saya mau tanya, apakah kakak tau lembaga pengada toefl itp yg terpercaya dan hasilnya bisa jadi cepat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa cek di situs http://www.iief.or.id/toefl-itp-test-schedule sis... kalo ga salah ILP punya yg one day service juga. Cuma gatau ILP yg cabang mana

      Delete
  13. Pengambilan hasil tes di weekend mulai dari jam berapa ya?

    ReplyDelete