Sunday 18 September 2016

Pengalaman Rekrutmen Danone MT-STAR 2016

Dream as much as you eat, try as much as you breath.
Aku tahu info tentang Danone MT-STAR melalui Career Day Telkom University pada tanggal 11 Agustus 2016. Kandidat tidak mendaftar langsung di tempat, melainkan mendaftar melalui website Danone yang tertera pada potongan kertas yang dibagikan penjaga booth. Di website tersebut kamu juga bisa baca tentang apa itu Danone MT-STAR, benefitnya, serta testimoni MT STAR sebelumnya. Setelah membaca visi, misi, serta komitmen Danone, aku menjadi sangat tertarik untuk bergabung. Seminggu kemudian, aku akhirnya membulatkan tekad untuk mendaftar.



Terdapat beberapa tahapan rekrutmen Danone, yaitu:
- Online Application (July-August)
- Online Assessment (August)
- Written Interview (September)
- Leaderless Group Discussion (September)
- HR Interview (September)
- Series of Interview (October - November)
- Medical check up and offering.

1. ONLINE APPLICATION
Kita bisa mendaftar program Danone MT-STAR melalui website ini. Form perdaftaran terdiri dari kolom identitas pribadi, pendidikan, status, pengalaman bekerja, pengalaman organisasi, dan prestasi/penghargaan. Isilah form dengan lengkap dan sesuai dengan kenyataan. Tidak perlu mengarang-ngarang prestasi, karena pada tahap yang lain CV kamu akan dikonfirmasi lagi keabsahannya.

2. ONLINE ASSESSMENT
Setelah akun kita dinyatakan aktif, ternyata kita langsung mendapat link untuk mengikuti test tertulis psikotest dan bahasa Inggris secara online. Kita diberikan tenggang waktu beberapa hari untuk segera mengikuti test tersebut. Bila tidak, kita langsung dinyatakan gugur.

Untuk mengerjakan online assessment ini dibutuhkan koneksi internet yang stabil serta browser yang mumpuni. Saat itu aku menggunakan browser Google Chrome versi terbaru.
- Test IQ terdiri dari test gambar, hitungan, dan verbal. Kita diberi durasi waktu beberapa detik untuk menyelesaikan 1 (satu) soal test. Serius guys, menurutku ini tergolong dalam kategori sulit terutama bagian hitungannya. Tapi aku ngga mau nyerah begitu aja, aku berusaha semaksimal mungkin menjawab pertanyaan dengan baik.
- Test bahasa Inggris terdiri dari test grammar, reading comprehensive, dan vocabulary. Topiknya seputar bisnis dan akademis, dan yang pasti menarik untuk dibaca. Level kesulitannya? Lumayan sulit, terutama pada bagian reading. Mata kita juga akan terasa lelah karena membaca dari layar PC.
-Test kepribadian terdiri dari sekitar 90 pertanyaan, di mana kita diminta untuk memilih salah satu pernyataan yang paling sesuai dengan kepribadian kita.

Saranku, saat mengerjakan online assessment, sebaiknya kamu berada di tempat yang tidak ribut agar lebih mudah berkonsentrasi. Buat kamu yang gampang haus, kamu bisa juga menyediakan minum terlebih dahulu, karena setiap test diberikan durasi pengerjaan kecuali test kepribadian.

Pada tanggal 9 September 2016, aku menerima email dari Danone. Ternyata hasil online assessment sudah keluar. Di kata pembuka pihak Danone menyatakan bahwa total pendaftar tahun ini sejumlah 27.000+. Aku jadi makin deg-degan buka lampiran pdf.nya. Well, aku tarik nafas dalam-dalam... buka pdf... scroll... scroll... ternyata masih di bagian nama awalan A. Scroll lagi... scroll lebih cepat, akhirnya nemu juga daftar nama berawalan D. Aku langsung cepat-cepat mencari namaku... Ih, ternyata ada nama Dea Panjaitan. Aku ngga langsung senang, aku cek lagi universitas, nomor test dan jurusan. Ternyata memang benar itu namaku!!! Dear Jesus, ini benar-benar surprise. Aku yang awalnya kurang yakin bisa lolos, ternyata masih diberi kesempatan untuk lanjut ke tahap berikutnya. Sekali lagi, puji Tuham... Oh iya, jumlah yang lolos online assessment ini adalah 3.600+ orang.



3. WRITTEN INTERVIEW
Setelah melewati tahap online assessment, tahap selanjutnya adalah wawancara tertulis (online). Batas waktu untuk mengikuti test ini adalah 3 (hari). Apabila dalam waktu tersebut kita tidak mengikuti written interview, kita langsung dinyatakan gugur,

Kebetulan aku catat semua pertanyaan yang diajukan, jadi list pertanyaan di bawah ini benar-benar pertanyaan yang aku dapat saat wawancara tertulis. Ini dia daftar pertanyaannya :

1. Your Aspiration & Experience
  1. What attracts you to join Danone MT STAR?
  2. In which function in Danone would you like to work and why?


2. Leadership Experience
  1. Have you ever faced a challenge in achieving your team/your objective? 
  2. Have you ever made innovation/change to help achieving your team/your objective? 
  3. Have you ever empowered your team to achieve its objectives?
  4. Have you ever faced a conflict in a team?
  5. What are your strength and what needs to be improved?

Semua jawaban pertanyaan tergantung pada individu masing-masing. Untuk bagian 1 (satu), aku menjawab seperti yang ku sampaikan sebelumnya, bahwa visi, misi, dan komitmen Danone sesuai dengan prinsip yang ku anut. Untuk posisi, aku memilih Business Development. Selebihnya, untuk bagian leadership experience, aku jawab sesuai dengan pengalaman ku yang paling berkesan dan unik. Make the reader interest in reading your words!

Kemudian... tanggal 16 September lalu aku kembali mendapat email dari Danone. Ternyata prosesnya cukup cepat juga.
Jantungku kembali dag-dig-dug saat membuka lampirannya. Aku juga sudah mempersiapkan hati untuk kemungkinan terburuk, yaitu tidak lolos seleksi.

Scroll... scroll... scroll... SURPRISE!! Ada namaku tertera di antara 1.500+ kandidat yang lolos! Aku kaget sekaligus senang. Berkali-kali aku ngucap syukur sama Tuhan. Bukan karena kekuatan ku, tanpa karunia Tuhan aku ngga akan bisa apa-apa. :')




4. LEADERLESS GROUP DISCUSSION & HR INTERVIEW
Tahapan selanjutnya yang harus ku lewati adalah Leaderless Group Discussion (LGD) pada tanggal 26 September 2016 nanti. Selesai LGD, katanya malam harinya hasil LGD akan langsung diumumkan. Kemudian keesokan harinya dilanjut dengan HR Interview. Mohon doakan aku agar lolos... :')


Setelah melewati beberapa tahapan aku mulai menaruh harapan pada program MT ini. Semoga Tuhan memeluk harapan ku itu, dan memberikan yang terbaik pada ku. Amin. :)

Tambahan :
Setelah menunggu sekitar 2 minggu, akhirnya aku mendapat email dari Danone. Di dalam attachmentnya, ngga ada tertulis nama ku.

Ngga apa2.
"Acceptance makes us happy. Rejection makes us stronger."

6 comments:

  1. gimana kak?? lolos kah..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga lolos nih... Nanti aku lanjut cerita di post selanjutnya ya...

      Delete
    2. baik kakk, ditunggu yah kakk :D

      Delete
  2. LGD nya pake bahasa indonesia apa bahasa inggris ya kak?

    ReplyDelete
  3. Salam kenal Rizky 😊 Good luck ya. Semoga keterima...

    ReplyDelete