Saturday 17 September 2016

Pengalaman Rekrutmen Staf BCA

Heyho! Posting pertama ku akan ku isi dengan pengalaman rekrutmen di Bank BCA. Tanpa basa-basi, cus kita bahas satu per satu. Here we go...

1. PENDAFTARAN
BCA mempunyai 3 (tiga) peluang karir : Lulusan Baru, Profesional & Magang. Bulan April lalu aku daftar program untuk lulusan baru posisi staf Relationship Officer. Berhubung aku baru selesai yudisium, aku belum mempunyai ijazah, jadi aku menggunakan Surat Keterangan Lulus sebagai syarat mendaftar.

BCA punya website karir tersendiri, kamu bisa cek di sini. Kita tinggal mengisi setiap form dengan benar dan selengkap mungkin. Persyaratan masing-masing posisi juga berbeda-beda, jadi sebelum mendaftar pastikan kamu sudah memenuhi semua syarat yang diminta.


2. PSIKOTEST

Horeee!!! Aku dinyatakan lolos seleksi administrasi dan diundang untuk mengikuti tahapan seleksi berikutnya. Aku dapat undangan psikotest melalui email resmi BCA recruitment@bca.co.id. Jadi, kalau ada email lain, atau telepon yang ngaku-ngaku dari BCA, bisa dipastikan itu palsu. So, hati-hati ya, guys! Rangkaian psikotest ini memakan waktu yang cukup panjang, waktu itu aku mulai pukul 08.00 WIB dan selesai pukul 15.20 WIB. Pastikan kamu menjaga kesehatan, sarapan sebelum memulai test, dan membawa air mineral.

Tahapan psikotest BCA terdiri dari 3 (tiga) tahapan dengan sistem gugur.

Psikotest 1.

Psikotest tahap 1 dimulai sekitar pukul 08.00 WIB. Psikotest 1 bertujuan untuk mengetahui kecerdasan akademis kita, terdiri dari :
- Test kemampuan numerikal (deret, perhitungan sederhana, sistem persamaan linear)
- Test kemampuan spasial (menggabungkan gambar, posisi kubus), dan
- Test kemampuan verbal (wacana sederhana, hubungan kata, sinonim).

Test ini berlangsung sekitar 2 (dua) jam. Selesai test, kita dipersilakan untuk sholat, istirahat dan makan siang sembari menunggu hasil test diumumkan. Makan siangnya disediakan kok oleh panitia rekrutmen BCA. Selesai makan siang, aku ke toilet untuk cuci tangan dan memastikan penampilan tetap oke. :)

Pas keluar dari toilet, koridor lokasi test sudah dipenuhi oleh para kandidat yang berebut melihat hasil pengumuman. Aku berusaha setenang mungkin dan ngga terburu-buru melihat namaku. Pas kerumunan udah berkurang, aku baru mencari namaku pada kertas yang ditempel di dinding. Hasilnya? Puji TUHAN, aku lolos ke psikotest tahap 2. Saat itu yang mengikuti tahap 1 sekitar 180-an lebih, dan yang diterima sekitar 70-an.

Psikotest 2

Psikotest tahap 2 dilakukan pada hari yang sama, sekitar pukul 1 siang. Test ini bertujuan untuk mengetahui kepribadian, kemampuan mental dalam menghadapi pekerjaan dan menghadapi stress; terdiri dari :
- Test Wartegg. Terdapat 8 (delapan) gambar yang harus kita buat dengan mengaitkannya ke coretan yang tersedia. Misalnya, waktu itu ada gambar titik. Aku menggambar bentuk lumba-lumba dan menjadikan titik itu sebagai matanya. Setelah selesai semua, kita diminta untuk mengurutkan prioritas gambar mulai dari yang paling kita sukai hingga yang paling tidak kita sukai.

- Pertanyaan Kepribadian. Kandidat diberikan sebuah buku yang berisi pertanyaan dan pernyataan berkaitan dengan kepribadian. Kita diminta untuk memilih 1 (satu) dari 2 (dua) pernyataan yang paling sesuai dengan kita. Misalnya :
     1. Saya merasa nyaman menjadi pusat perhatian saat berada di pesta.
     2. Saya merasa sulit untuk memulai percakapan. 
Jika kamu merasa pernyataan 1 (satu) paling sesuai dengan dirimu, maka tuliskanlah jawaban pada lembar jawaban yang disediakan. Jawablah dengan jujur. Dan ingat, jangan pernah mencoret buku soal ya! :)

- Paragraf Tentang Cita-Cita. Pada bagian ini kita diminta untuk menuliskan rancangan karir kita, dan cita-cita kita di masa mendatang. Saat itu aku menuliskan cita-citaku di bidang perbankan, bisnis, dan melanjutkan studi pascasarjana. Tuliskan cita-cita kamu secara ringkas dan mudah dimengerti.

- Test Hitungan Koran. Kita diminta menjumlahkan deret angka pada lembar sebesar kertas koran. Angka di atas dijumlahkan dengan angka di bawahnya, kemudian jawaban dituliskan di antara kedua angka tersebut. Saat itu aku menyelesaikan 1(satu) 3/4 halaman. Bagian ini sangat sangat melelahkan. Sempat beberapa kali mendadak ngantuk, tapi aku geleng-geleng kepala beberapa kali agar ngantuknya berkurang.

- Menggambar Pohon. Tahapannya panjang banget ya? Hahahaha... Makanya pastikan kalian menjaga kesehatan menjelang test. Menggambar pohon bertujuan untuk mengetahui kepribadian melalui bentuk pohon yang kita gambar. Ini bagian favoritku, karena aku suka menggambar. Hehehe.. Tapi tenang aja, yang dinilai bukan bagus tidaknya gambar, melainkan kepribadian kita yang tercermin melalui gambar tersebut. Saat itu aku menggambar pohon rambutan lengkap : tanah, batang pohon yang penuh guratan, dahan, ranting, daun yang bergurat, buah, serta akar pohon mulai dari akar besar hingga serabut-serabut yang merambat.

Psikotest tahap dua ini berlangsung sekitar 2 jam. Benar-benar melelahkan! Selesai test aku langsung peregangan otot dan ke toilet untuk membuang air yang telah lama bergejolak dalam kantong kemih. Setelah itu aku menunggu beberapa menit di depan ruang test. Tak lama, hasil test keluar. Dari 70-an yang mengikuti test tahap 2, hanya sekitar 20 yang lolos ke psikotest tahap 3. Dan puji Tuhan, aku berhasil lolos ke tahap berikutnya.

Psikotest Tahap 3

Ini merupakan sesi wawancara dengan psikolog. Aku kebagian pertama masuk sekitar pukul 15.10 WIB. Sesi ini masih dilakukan di ruangan yang sama, namun dengan setting meja yang berbeda. Terdapat 4-6 psikolog di dalam (aku ngga begitu memperhatikan). Aku kebagian diwawancarai oleh seorang wanita muda yang cara bicaranya lembuuuut sekali, sehingga aku merasa nyaman untuk ditanya-tanyai. Kita ngga perlu gugup, karena wawancara ini hanya untuk mengetahui kepribadian kita, bukan menguji kita. Pertanyaan psikolog seputar kegiatan kita selama di kampus, cita-cita, kelebihan dan kekurangan, pengalaman dalam menghadapi stress dan konflik.
Selama wawancara aku berusaha terus tersenyum dan sesekali melontarkan candaan. Anggap saja kita sedang sesi konsuling dengan sahabat kita. Di akhir wawancara, psikolognya bilang bahwa hasil akan diumumkan 2 (dua) minggu kemudian.

Aku merasa psikotest tahap 3 ini berlangsung sangat cepat. Di saat teman-teman lain masih diwawancarai, aku udah keluar duluan. Sampai pas keluar, salah satu kenalan ku agak kaget, karena aku hanya 10 menit di dalam. Lah, ini aku yang salah apa gimana? Tapi yo wes lah yang penting semua terlalui dengan baik di dalam. Diterima atau tidak diterima, serahkan pada Tuhan dan perekrut.


3. INTERVIEW HRD


Setelah menunggu selama 2 (dua) minggu, akhirnya aku mendapat telepon dari salah seorang perekrut BCA. Beliau menyatakan bahwa aku lolos semua tahapan psikotest dan diundang untuk menghadiri interview HRD. Yippiiii!!!! Anyway, menurut beberapa blog dan job review yang ku baca, apabila kita telah interview HRD, kriteria kita sebenarnya sudah sesuai dengan yang BCA cari. Interview HRD ini fungsinya untuk mengetahui posisi apa yang tepat buat kita.

Awalnya aku diundang untuk interview di Bandung, namun karena aku sudah berdomisili di area Jakarta, minta untuk di re-schedule. Dua hari kemudian, aku ditelepon kembali untuk interview HRD di Wisma Asia BCA, Jakarta. Saat interview kita diminta membawa CV, pasfoto terbaru, dan mengisi form yang dilampirkan pada email. Form tersebut berisi pertanyaan mengenai posisi yang kita inginkan serta skills kita.

Waktu itu aku kebagian jadwal jam 10. Hanya terdapat 5 orang kandidat pada sesi ini. 4 orang wanita (termasuk aku) dan 1 orang pria. Aku tiba di lokasi jam 10 kurang 10 menit, sehingga aku kebagian urutan interview paling akhir. Sembari menunggu, aku membaca-baca majalah bisnis yang disediakan di ruang tunggu.

Pukul 11.00 akhirnya namaku dipanggil juga. Aku bertemu HR yang ramah. Once again, entah urat nervous ku putus apa gimana, aku bisa menjalani interview ini dengan relax. Pertanyaan yang diajukan seputar kemampuan, minat-bakat, apakah kita sedang mengikuti proses seleksi lain, posisi yang kita inginkan di BCA, mengapa kita bergabung di BCA, serta besar gaji yang diinginkan.
Untuk besar gaji, aku menuliskan Rp 4jt. Jumlah ini sesuai dengan info yang kuperoleh dari https://id.jobplanet.com/

Selesai interview, aku dan interviewer saling menjabat tangan dan tersenyum. Beliau juga menyampaikan bahwa hasil akan diinfokan kembali melalui telepon.

Namun sayangnya hingga aku menuliskan blog ini, aku belum juga mendapat undangan untuk tahap berikutnya, yaitu interview user. Aku tidak tahu pasti apakah ini proses hold atau aku memang tidak diterima. Yang pasti aku sudah menunggu sekitar 3 (tiga) bulan, dan lelah menunggu. Hahahaha... So, aku memutuskan untuk mendaftar ke perusahaan lain. Perusahaan apakah itu? Nantikan tulisanku yang berikutnya ya... :)

35 comments:

  1. Dea, bagus banget hehe membantu ya buat jobseeker.
    Goodluck buat dea, terus nulis blog ya❤❤❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks a lot dear, Mia! Good luck juga buat blog mia ♥

      Delete
  2. Dea, ku suka tulisanmu, dilanjutkan & sukses utk kita bude :D

    ReplyDelete
  3. Mbak dea, saya jg dapet undangan interview hrd dibandung krn domisili saya di palembang apakah bisa minta di re-schedule jg ya? Soalnya saya takut nanti di diskualifikasi klo minta di interview sesuai domisili.

    ReplyDelete
  4. Halo Mas Susanto :) Saya kurang yakin bisa di-reschedule ke palembang atau tidak. Soalnya interviewnya kan di training center BCA gitu.
    Coba ditelepon aja ke recruiternya, mas. Kalau ngga bisa, ya lebih baik ke bandung aja.

    ReplyDelete
  5. Udah di telepon ke recruiter nya kmrin, katanya mau di re-schedule dan saya tanya kalo bs di palembang kira2 brp lama dikabarin, katanya mungkin bulan juli. Itu artinya bener ga ya, atau itu artinya udh di tolak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai!!! Udah ada kabar lagi belum dari recruiternya?

      Delete
  6. bagaiman kelanjutan ceritanya mbak, Dea..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadinya, ngga ada kabar diterima / ditolak dan aku juga ngga follow up ke PIC aku. Saranku sih, mending di follow up aja hehehe

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Sangatt membantu mbaa, thanks info nyaa yaa. Sukses selalu, :)

    ReplyDelete
  9. thanks dea sudah berbagi pengalaman , saat ini aku juga lagi menjatuhkan lamaran di bank bca , belum apa2 sudah gugup aja ,hihi
    smoga keberuntungan berpihak pada saya, dan persiapan sudah ada melirik dari pengalaman kamu ,,:))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Olyn! Terima kasih sdh berkunjung. Semoga sukses ya proses rekrutmen nya dan semoga diterima 😊

      Delete
  10. Mba mau tanya, waktu nunggu email undangan psikotest berapa lama yaa dari mengajukan lamaran pertama? Terimakasih

    ReplyDelete
  11. Haii dea, waktu mendaftar di career bca bisa menggunakan SKL ya? Soalnya aku juga belum keluar ijazahnya baru SKL aja 😊 oiya selama rangkaian test itu apa ada ditanya atau membahas tentang fisik kita like tinggi or berat badan? Dan ada test bahasa inggrisnya ga? Hehe maaf banyak nanya 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo... Waktu mendaftar bisa pakai SKL kok. Di rangkaian testnya ngga ada djbahas tentang fisik. Seingetku sih, ngga ada ditest bahasa inggris juga. Tapi di form nanti ada disuruh tulis kemampuan bahasa.

      Delete
  12. hai mbk dea, sekitar seminggu lalu aku ikut daftar AO di BCA, tp seingatku waktu isi forn pendaftaran tidak melampirkan SKL, hanya ada tulisan upload foto jd aku hanya unggah foto saja, ini aku yg dalah atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Widya! Memang waktu mendaftar ngga diminta. Tapi, syaratnya kan S1 sedangkan kita blm punya ijasah. Jadi nanti pas diminta berkas yang dilampirkan SKL

      Delete
  13. Khusus Mahasiswi BCA TRAINING CENTER/ BLI di Sentul, yang sedang mencari tempat kost yang aman, nyaman dan bersih dapat menghubungi saya di 081319667214, lokasi hanya 5 menit ke lokasi kuliah, terimakasih.

    ReplyDelete
  14. mba dea aku mau tanya, kemarin aku habis interview user di bca setelah 2 minggu ternyata 2 temanku dapat email bahwa mereka tidak lolos ke tahap selanjutnya, sedangkan aku tidak mendapat email sampai 4 minggu ak tunggu belum ada kontak dr bca. kira2 saya harus gimana ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya Mba There telepon/email saja ke HR nya, tanyakan mengenai status rekrutmen mba. Semoga lolos ya!

      Delete
  15. Halo Semuanya, Saya Mau Rekomendasiin situs Game Kartu Online uang asli yaitu: DESAQQ

    8 Permainan Dalam 1 User ID.

    ♣ Poker
    ♥ Bandar Poker
    ♣ Bandar Q
    ♥ Adu Q
    ♣ Domino 99
    ♥ Capsa Susun
    ♣ Sakong
    ♥ Bandar66 ( Permainan Terbaru )

    ♣ Minimal Deposit : Rp. 20.000
    ♥ Minimal Tarik Dana : Rp. 20.000

    Ayo Gabung bersama DESAQQ dan Nikmati Berbagai HOT Promonya :

    ♣ Bonus Jackpot Jutaan yang mudah di dapat Setiap harinya.
    ♥ Bonus Rollingan/Cashback 0,4% (Setiap Senin jam 15.00 WIB)
    ♣ Bonus Referral 20% Seumur Hidup ( Klain Hari Selasa ) *syarat & ketentuan berlaku.

    DESAQQ Juga menerima Deposit Dari Semua Bank Lain (Sinarmas, Panin Bank, Maybank, Syariah, DLL) dan Emoney (T-Cash, Paypro, Rekenin Ponsel, Doku Wallet).

    Agar tidak terjadi salah transfer di harapkan selalu KOMFIRMASI nomor rekening tujuan transfer kami melalui LIVECHAT ya bos. Nomor rekening dapat berubah sewaktu-waktu.

    Untuk Deposit pada Jam OFFLINE diharapkan transfer menggunakan nominal unik, Contoh : Rp 20.123

    Untuk Informasi lebih lanjut Silahkan Hubungi CS Kami.
    WA : +6281287806446
    LINE : DESAQQ
    BBM : 5571D859
    INSTAGRAM : DESA.QQ

    Terimah kasih :)

    ReplyDelete
  16. Thank you. Bermanfaat bgt.
    Besok aku ada panggilan juga utk test di BCA. Doain ya biar lancar. God bless you all

    ReplyDelete
  17. Thank you. Bermanfaat bgt.
    Besok aku ada panggilan juga utk test di BCA. Doain ya biar lancar. God bless you all

    ReplyDelete
  18. Kaka mau tanya, aku besok juga Ada panggilan dari BCA. Tapi aku Cari locationnya Di Gmaps kok gaada ya kak? Mohon bantuan jawabannya ya kak. Terimakasih

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Kak mau tanya yang bisa bikin kita ga lolos administrasinya kenapa ya ? Padahal sudah isi lengkap form nya..

    ReplyDelete
  21. interview dengan HRD itu sangat susah, meskipun pertanyaan mudah tapi itu menjebak apa lagi di tanya berapa gaji yang kita inginkan dan kita mnjawab dengan angka maka HR langsung menilai kalau kita orang ambisius kerja hanya untuk mendapatkan gaji saja. dimana kita belum kerja, belum menunjukan skill kita toh sudah sebut angka gaji duluan.
    jadi buat teman2 hati2 saat interview dengan HRD,pertanyaannya menjebak

    ReplyDelete